Sering Di-invite ke Grup WhatsApp? Ini Cara Mencegahnya

 



 HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki sejumlah fitur demi mencegah pengguna dimasukkan secara sembarangan ke grup tak dikenal. 

WhatsApp saat ini adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di Indonesia, dan digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan pribadi hingga profesional.

Akibatnya, tak jarang nomor kontak kita tersebar yang memungkinkan orang asing untuk mengundang kita ke sebuah grup. Contohnya, grup pinjol buat mempermalukan seseorang debitur.

Meski demikian, WhatsApp memiliki fitur privasi untuk membatasi siapa saja yang dapat mengundang Anda ke grup. Fitur ini memberikan tiga pilihan kepada pengguna untuk memilih siapa saja yang bisa mengundang ke dalam grup.

Opsi pertama adalah "Semua orang" atau Everyone yang mengizinkan siapapun bisa mengundang Anda ke dalam grup, termasuk orang yang kontaknya tidak Anda simpan.

Kemudian, ada opsi "Kontak saya" atau My contacts yang membuat Anda hanya bisa diundang ke grup oleh pengguna lain yang telah ada dalam buku kontaknya.

Terakhir, opsi "Kontak saya, kecuali..." atau My contacts, except yang membuat Anda hanya bisa ditambahkan oleh pengguna lain yang ada di kontak Anda dengan beberapa kontak sebagai pengecualian.

Secara default, WhatsApp mengatur privasi grup untuk Semua orang.

"Secara default, pengaturan privasi grup Anda diatur ke Semua Orang. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah terhubung dengan teman dan keluarga, meskipun mereka tidak ada dalam daftar kontak Anda," tulis WhatsApp dalam laman dukungannya.

Berikut cara mengatur privasi WhatsApp agar tak dimasukkan ke dalam grup sembarangan:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Klik ikon titik tiga di sudut kanan atas dan pilih menu Pengaturan

3. Pilih menu Privasi

4. Pilih menu Grup

5. Pilih siapa yang bisa mengundang Anda ke grup.

Pengaturan privasi grup ini hanya bisa dilakukan di aplikasi, dan tidak bisa dilakukan di WhatsApp Web atau Desktop.

Lebih lanjut, WhatsApp juga tengah menguji coba fitur yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi terkait grup tak dikenal yang mengundang Anda.

Mengutip The Verge, fitur bernama context card tersebut bakal berisi informasi seperti siapa yang membuat grup, kapan grup dibuat, deskripsi grup, hingga apakah orang yang mengundang berada di daftar kontak Anda atau tidak.

Fitur ini disebut hadir untuk melindungi pengguna dengan lebih baik dari aktivitas spam atau penipuan dalam pesan grup.

Fitur ini juga memberikan sebuah tombol yang memungkinkan pengguna meninggalkan pesan grup dengan cepat, ditambah tautan ke informasi tambahan tentang alat keamanan WhatsApp.***