Kemenag Rampungkan Pemberian Asuransi Jiwa Bagi Jemaah Haji Asal Garut yang Wafat

  


HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan sudah memberikan asuransi jiwa bagi lima haji asal Kabupaten Garut, Jawa Barat yang meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Makkah masing-masing sebesar Rp58 juta kepada ahli warisnya.

"Seluruhnya sudah diberikan," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Garut Indra Azwar Mawardi saat dihubungi di Garut, Jumat.

Baca juga: Kemenag Garut pastikan 5 haji yang meninggal dunia dapat asuransi

Ia menuturkan dari 2.045 orang asal Kabupaten Garut yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2024, tercatat sebanyak lima orang meninggal dunia saat menunaikan rangkaian ibadah haji di Makkah.

Sesuai aturan, kata dia, mereka yang meninggal dunia mendapatkan asuransi jiwa dari Pemerintah Indonesia melalui Kemenag yang diberikan kepada ahli warisnya langsung sesuai aturan.

"Totalnya ada lima (orang) haji asal Garut yang wafat di tanah suci," katanya.

Ia menyampaikan pemberian asuransi itu diberikan bagi jamaah haji yang meninggal dunia dengan aturan waktu klaim asuransi jiwa dari awal pemberangkatan, selama di Makkah, dan kembali ke Garut.

Pengurusan asuransi jamaah haji itu, kata dia, semuanya diurus oleh Kemenag mulai dari pemberkasan administrasi sampai nanti pencairan uang melalui perbankan yang ditunjuk.

"Asuransi haji itu diberikan kepada ahli warisnya, langsung ke rekeningnya," kata Indra. Kemenag Garut mencatat jamaah haji yang meninggal dunia pada musim haji tahun 2024 yakni Ai Sadiah (37) asal Kampung Kanapan, Kecamatan Sukaresmi, selanjutnya Sarip Hari Kharun (69) warga Kampung Cisanca, Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Samarang.

Haji lainnya yang meninggal dunia yakni Upan Supian (71) warga Kampung Simpang, Desa Mulyasari, Kecamatan Bayongbong, kemudian Idjah warga Kampung Serang, dan Somar warga Kampung Jeungjing di Kecamatan Selaawi, dan mereka meninggal dunia karena sakit.

Kemenag Garut bersama Pemkab Garut melakukan evaluasi kekurangan dan kelebihan dalam setiap rangkaian penyelenggaraan haji tahun 2024. Penyelenggaraan haji tahun ini hasilnya berjalan lancar, dan diharapkan pelayanan haji ke depan dapat terus meningkat lebih baik.***