Protes Massa di Puncak Jaya atas Penembakan 3 OPM, Bakar 6 Mobil TNI-Polri

 



HELOBEKASI.COM, PUNCAK JAYA - TNI menembak mati tiga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kampung Karubate, Distrik Muara, Puncak Jaya, Selasa (16/7/2024) sekitar pukul 19.45 WIT lalu. 

TNI menyebut penembakan bermula saat sejumlah anggota OPM menyerang Satgas Yonif RK 753/AVT.

Situasi di Puncak JayaPapua Tengah, memanas setelah tiga anggota OPM ditembak mati. Massa yang memprotes kemudian membakar enam unit kendaraan milik TNI-Polri.

Dilansir, Kamis (18/7/2024), Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara mengatakan peristiwa itu bermula saat jenazah tiga OPM yang ditembak mati dibawa ke RSUD Mulia, Distrik Mulia, pada Minggu (17/7). 

Massa lalu melancarkan protes dan mengatakan para korban bukan anggota OPM.

"Pembakaran itu ada protes, itu kan karena ada protes dari warga," kata Kuswara.

Kuswara mengatakan pihak TNI kemudian melakukan mediasi dengan warga. Mediasi itu mengalami titik buntu hingga warga terprovokasi dan melakukan aksi pembakaran.

"Penyelesaian perkara sudah dijelaskan sama Pak Dandim sama Pak Danyon, karena mereka tidak puas sehingga mereka tersulut emosi sehingga terjadilah pembakaran kendaraan tersebut," katanya.

Dia menyebut kendaraan yang dibakar massa berjejer di depan RSUD Mulia. Total ada enam kendaraan yang dibakar dan satu lainnya dirusak.

"Kendaraan (milik TNI-Polri) yang dibakar itu ada 7 kendaraan. Tujuh itu, satu (di antaranya) dirusak, tidak dibakar," katanya.***