Perpanjangan Kontrak hingga Juni 2024, Shin Tae-yong Sudah Dibidik Persis Solo?

 



HELOBEKASI.COM,JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka berbicara tentang perpanjangan kontraknya dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam wawancara di saluran YouTube Kaesang Pangarep.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa masa baktinya sebagai pelatih Timnas Indonesia masih akan berlangsung hingga Juni 2024, yang merupakan perpanjangan dari kontrak sebelumnya.

Kontrak awalnya berdurasi empat tahun dan seharusnya berakhir pada Desember 2023.

Akan tetapi, Ketua PSSI, Erick Thohir, memutuskan untuk memperpanjangnya selama enam bulan lagi.

Alasan utama di balik perpanjangan kontrak Shin Tae-yong adalah keterlibatan Timnas Indonesia dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yang akan berlangsung hingga Juni 2024.

Timnas Indonesia akan bersaing di Grup F bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

"Awalnya, kontrak saya dengan Timnas Indonesia direncanakan hingga Desember 2023, tetapi karena Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia hingga Juni 2024, kontrak saya diperpanjang oleh PSSI," kata Shin Tae-yong.

Perjuangan Timnas Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dimulai dengan pertandingan melawan Timnas Irak di Basra International Stadium pada 16 November 2023.

"Maka sudah sepakat dengan Pak Erick Thohir mencoba semaksimal mungkin sampai di situ. Ketua PSSI dengan saya sepakat baru bisa diperpanjang," kata dia.

Meskipun sejak memimpin Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum meraih gelar besar, ia berhasil membawa timnas ke Piala Asia 2023 setelah absen selama 16 tahun.

Serius atau Becanda? Shin Tae-yong DitawariKaesang Jadi Pelatih Persis Solo

Kaesang Pangarep, Putra Bungsu Presiden Jokowi dan pemilik Persis Solo, baru-baru ini mengungkapkan pandangan menariknya terkait pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam salah satu episode Podcast Depan Pintu Episode 31 di saluran YouTube miliknya, Kaesang Pangarep by GK Hebat. Dalam wawancara itu, Kaesang tawarkan Shin Tae-yong menjadi pelatih Persis Solo.

Dalam kesempatan tersebut, Shin Tae-yong awalnya membicarakan perpanjangan kontraknya bersama Timnas Indonesia.

Namun, yang menarik perhatian adalah tawaran jenaka yang diberikan oleh Kaesang kepada Shin Tae-yong.

Kaesang mengajak pelatih asal Korea Selatan itu untuk bergabung dengan Persis Solo, klub sepakbola yang ia miliki.

"Kalau bosan pindah ke Persis Solo, Coach," kata Kaesang dengan senyum.

Tawaran tersebut langsung mendapatkan respons positif dari Shin Tae-yong yang tersenyum dan memberikan gestur seperti meminta maaf.

Meskipun tawaran ini mungkin lebih bersifat humor, namun tetap menjadi perbincangan menarik di dunia sepakbola Indonesia.

Kocek yang Harus Dipersiapkan Persis Solo jika Ingin Rekrut Shin Tae-yong

Tim berjuluk Laskar Sambernyawa, Persis Solo minimal harus merogoh kocek miliaran sebulan untuk gaji lelaki asal Korea Selatan tersebut.

Lantas, berapa dana yang harus dikeluarkan Persis Solo buat pakai jasa shin Tae-yong? Perkiraannya adalah miliaran rupiah di luar fasilitas seperti tempat tinggal dan kendaraan.

Mantan Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan pernah bocorkan gaji Shin Tae-yong ketika menukangi Timnas Indonesia.

STY dan tim mendapat uang dari PSSI sebesar Rp2 miliar di mana sang pelatih kepala yaitu Shin Tae-yong dapat jatah terbesar sekitar Rp1,1 miliar.

"Besar ya, Rp2 miliar kurang lebih per bulan. Di luar apartemen, di luar kendaraan, dan lain sebagainya. Tapi, kan bukan, dia tim. Ada enam pelatih lainnya," kata Iriawan di podcast Close The Door di YouTube milik Deddy Corbuzier pada 2022 lalu.

"Dia (Shin Tae-yong) mungkin Rp1,1 miliar, ya ada harga ada barang lah," tegas lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kini, kepemimpinan PSSI sudah dipegang oleh Erick Thohir. Kontrak Shin Tae-yong yang semula habis pada Desember 2023 telah diperpanjang sampai Juni 2024.

Bukan tidak mungkin ada perubahan gaji yang diterima pelatih 53 tahun tersebut.

Namun, tetap saja andai Persis Solo serius ingin mendaratkan Shin Tae-yong butuh dana yang tidak sedikit.***

(westjavatoday.com)