Setahun Ratu Elizabeth II Wafat Sekaligus Penobatan Raja Charles III

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Genap satu tahun, Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Jumat (8/9/2023). Tak hanya itu, momen itu juga menjadi peringatan satu tahun penobatan Raja Charles III sebagai raja Kerajaan Inggris.

"Dalam memperingati satu tahun kematian mendiang Yang Mulia dan aksesi saya, kami mengenang dengan penuh kasih sayang atas umur panjangnya, pengabdiannya, dan semua arti beliau bagi banyak dari kita," kata Charles melalui pernyataan.

"Saya juga sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan yang telah ditunjukkan kepada istri saya dan saya sendiri selama tahun ini karena kami melakukan yang terbaik untuk melayani Anda semua."

Ratu Elizabeth II adalah monarki terlama di Inggris, berkuasa selama 70 tahun. Dia meninggal pada usia 96 tahun setelah kesehatannya terus menurun selama beberapa waktu.

Sementara itu, Charles saat ini berada di perkebunan keluarga kerajaan Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia untuk mengenang kepergian sang ibunda. Ia diperkirakan tidak akan tampil di depan umum terkait prosesi ini.

Dikutip AFP, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth.

"Masyarakat di seluruh Inggris, baik mereka beruntung bisa bertemu dengan mendiang Yang Mulia atau tidak, hari ini akan merefleksikan apa yang beliau maksudkan bagi mereka dan teladan yang beliau berikan bagi kita semua," kata Sunak pada Kamis malam.

"Kami akan menghargai kenangan itu. Ikatan antara negara dan raja adalah sesuatu yang sakral dan abadi. Jadi, sementara kita terus berduka atas meninggalnya Yang Mulia, kita harus bangga bahwa warisan pengabdian yang luar biasa ini - dan ikatan yang luar biasa ini - terus berkembang hingga saat ini di bawah pemerintahan Yang Mulia Raja."

Pangeran Harry yang diasingkan dari keluarga kerajaan sejak pindah ke AS bersama istrinya Meghan Markle, juga memberikan penghormatan kepada sang nenek di acara amal di London pada Kamis.

"Seperti yang kalian tahu, saya tidak bisa menghadiri penghargaan tahun lalu karena nenek saya meninggal dunia," kata Harry kepada para tamu.

"Dia (Ratu Elizabeth) akan menjadi orang pertama yang bersikeras bahwa saya tetap datang untuk bersama kalian, dan itulah yang juga tepat satu tahun kemudian saya yakin dia memandang kita semua malam ini, senang kita sedang berkumpul bersama."

Raja Charles III Rekam Pesan Kenang Pengabdian Setia Mendiang Ibunda Tercinta

Raja Charles III telah merekam pesan dan merilis foto favorit Ratu Elizabeth II untuk memperingati satu tahun kematian ibunya.

Dalam pesannya, Raja mengatakan dia mengenang "pengabdian setia mendiang Ratu dan semua yang dia berarti bagi banyak dari kita".

Foto yang dipilih oleh Raja menunjukkan seorang Ratu muda, yang saat itu berusia 42 tahun, dalam potret resmi pada 1968.

Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral pada 8 September tahun lalu.

Itu terjadi hanya beberapa bulan setelah Platinum Jubilee yang menandai 70 tahun tahtanya.

Dalam penghormatan singkatnya, yang akan dirilis pada hari Jumat, Raja berterima kasih kepada bangsa atas “cinta dan dukungan” yang ditunjukkan kepadanya dan Ratu Camilla selama tahun pertamanya sebagai raja.

“Dalam memperingati satu tahun kematian mendiang Yang Mulia dan aksesi saya, kami mengenang dengan penuh kasih sayang atas umur panjangnya, pengabdiannya, dan semua arti beliau bagi banyak dari kita,” kata Raja, dikutip BBC.

“Saya juga sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan yang telah ditunjukkan kepada istri saya dan saya sendiri selama tahun ini karena kami melakukan yang terbaik untuk melayani Anda semua,” lanjutnya.

Pesan tertulisnya, yang menyertai rekaman audio, ditandatangani Charles R.

Foto berwarna resmi tersebut diambil oleh Cecil Beaton pada 16 Oktober 1968 dan hingga kini belum dirilis.

Gambar tersebut menunjukkan mendiang Ratu berdiri menyamping dan tersenyum dalam jubah Garternya, mengenakan Tiara Grand Duchess Vladimir, terbuat dari 15 lingkaran berlian yang saling bertautan.

Raja menghabiskan musim panas di kediamannya di Birkhall dan Kastil Balmoral di Aberdeenshire.

Pada Jumat (8/9/2023) pagi dia dan Ratu Camilla akan menghadiri gereja Crathie Kirk terdekat untuk doa peringatan pribadi.

Pangeran dan Putri Wales, yang mengunjungi Wales barat, akan memperingati kehidupan mendiang Ratu dengan layanan pribadi kecil di Katedral St Davids.

Dalam pesannya sendiri, Perdana Menteri (PM) Rishi Sunak mengatakan skala pelayanan mendiang Ratu “tampaknya lebih besar” setahun setelah kematiannya.

“Pengabdiannya kepada negara-negara Inggris dan Persemakmuran tampaknya semakin dalam,” katanya.

“Dan rasa syukur kami atas tugas dan dedikasi yang luar biasa ini terus bertambah,” lanjutnya.

Sunak mengatakan dia menghargai kenangannya saat bertemu dengan mendiang Ratu di mana dia terkesan dengan “kebijaksanaan, kehangatan dan keanggunannya yang luar biasa”, serta “kecerdasannya yang tajam”.

“Masyarakat di seluruh Inggris – baik mereka beruntung bisa bertemu dengan mendiang Yang Mulia atau tidak – hari ini akan merefleksikan apa yang beliau maksudkan bagi mereka dan teladan yang beliau berikan bagi kita semua,” tambahnya.

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer mengatakan antrean untuk mendiang Ratu Elizabeth menunjukkan bahwa dia "selalu menikmati ikatan khusus dengan rakyatnya".

“Hubungan ini dibangun dari pemahamannya bahwa pengabdian kepada bangsa yang besar ini adalah benang merah yang menyatukan kedaulatan dan rakyat,” katanya.

“Jadi, saat kita merenungkan kembali warisannya hari ini, mari kita rangkul semangat pelayanan publik sebagai panduan kita menuju masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Untuk memperingati ulang tahun naik takhta Raja Charles, penghormatan senjata akan dilakukan pada tengah hari pada hari Jumat di Hyde Park dan di Menara London.

Lonceng juga akan dibunyikan di Westminster Abbey pada pukul 13:00 BST untuk menandai kesempatan tersebut.

Pangeran Harry secara terpisah memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu, dengan mengatakan bahwa dia "meremehkan kita semua".

Dalam pidatonya di acara WellChild Awards di London pada Kamis (7/9/2023), dia mengenang bagaimana dia terpaksa melewatkan acara tahun lalu saat dia terbang ke Balmoral setelah neneknya jatuh sakit.***

(sumber : westjavatoday.com)