Keterbatasan Biaya, Dua Jenazah di Baleendah Bandung Terlantar

 



HELOBEKASI.COM, BANDUNG - Dua jenazah terlantar di musala berlokasi dekat Rumah Singgah Baraya Ojol Bandung Selatan (BOBS) Peduli di Jalan Kiastramanggala, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Dua jenazah itu bukan diterlantarkan melainkan belum ada biaya untuk dikebumikan karena tak ada keluarganya dan terbentur biaya pemakaman.

Sebelum meninggal, kedua jasad laki-laki yang diketahui berusia 30 tahun dan 50 tahun tersebut tinggal di Rumah Singgah BOBS, yang berda di Jalan Kiastramanggala No. 9 Baleendah, Kabupaten Bandung.

Pengelola Rumah Singgah BOBS Peduli, Kurniawan Hamidjaja, mengatakan, kedua jenazah tersebut sudah dishare ke mana-mana, tapi sejak awal mereka tinggal di rumah singgah, tak ada keluarganya yang datang. Keduanya dilaporkan memiliki riwayat penyakit berat.

"Keduanya sudah tinggal di rumah singgah sekitar dua bulan. Yang pertama meninggalnya saat subuh, dan yang kedua tadi sore. Keduanya belum dimakamkan karena masih menunggu biaya pemakaman," kata Kurniawan, Jumat (29/9/2023).

Kurniawan mengatakan, yang subuh usianya sekitar 30 tahun, mengalami penyakit ayan dan perut sering terasa sakit. 

"Kalau yang meninggal sore, usianya sekitar 50 tahun, sakit stroke sudah tak bisa apa-apa," kata Kurniawan.

Selain tak ada biaya untuk pemakaman, kata Kurniawan, untuk pemulasaraan jenazah tadi pun, belum dibayarnya.

"Pemulasaraan biasanya Rp 500 berikut kain kafannya. Kalau biaya penguburan itu sekitar Rp 1,5 juta untuk dua jenazah jadi sekitar Rp  3 juta," katanya.

Hingga pukul 19.50, pihaknya mengaku baru mengantongi uang untuk mengurus jenazah tersebut, Rp 800 ribu.

Kurniawan, mengaku, sampai saat ini, belum ada bantuan dari pemerintah kepada pihaknya. "Mudah-mudahan ada bantuan dari donatur (untuk memakamkan jenazah tersebut)," katanya.

Kurniawan mengatakan, memang pihaknya bergerak di bidang sosial, bahkan kini juga masih banyak orang terlantar dan ODGJ yang ada di rumah singgah ya.

"Sekarang di sini, orang terlantar sama ODGJ, kalau dihitung ada 22 orang," ucapnya.

Adapun dua jenazah tersebut, kata Kurniawan, bukan ODGJ, tapi merupakan orang terlantar.

Ia berharap, ada donatur yang berbaik hati, supaya pihaknya bisa segera memakamkan jenazah tersebut.

Sudah Dimakamkan Pagi Ini

Jabar Quick Response memastikan bahwa dua jenazah tersebut akan dimakamkan pada Sabtu (30/9/23) pagi.

"Wargi, tim Jabar Quick Response menerima laporan mengenai adanya dua jenazah terlantar yang belum dikebumikan karena terbentur biaya di Kabupaten Bandung."

"Kami pun segera merespons, dari hasil verifikasi sementara, informasi yang kami dapatkan kedua jenazah akan dikebumikan pagi hari ini," tulis Jabar Quick Respons di Instagram pada Sabtu.

Kedua jenazah akhirnya dimakamkan di TPU Tegalluar Bojongsoang, tadi pagi. Selama perjalanan dari Baleendah menuju lokasi pemakaman, dua ambulans dari donatur mengangkut dua jenazah ini.

Pengurus Rumah Singgah Baraya Ojol Bandung Selatan (BOBS) Peduli, Hary Kurniawan Hamidjaja, mengatakan pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bandung, polisi, hingga para pihak memberikan donasi dan bantuan sehingga dua jenazah yang telantar itu dapat dikebumikan.***