FIFA Hibahkan Dana Untuk Bangun Training Center di IKN, Jadi Tanda Babak Baru Sepak Bola Indonesia

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Kabar gembira bagi pecinta sepak bola Tanah Air, training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai dibangun. Perwakilan FIFA menyambut baik kehadiran Training Center Timnas Indonesia di IKN. Mereka meyakini Indonesia bakal memiliki masa depan sepak bola yang cerah lewat kehadiran pusat pelatihan tersebut.

FIFA Regional Director Asia Oceania Sanjeevan C Balasingam menegaskan bahwa federasinya sangat mendukung penuh pembangunan pusat pelatihan (training center) nasional PSSI di IKN. Proses pembangunan training tenter tersebut ditandai dengan Groundbreaking atau peletakan batu pertama hari ini, Jumat (22/9/2023).

Pembangunan training center Timnas Indonesia di IKN tersebut akan memakan biaya Rp 180,6 miliar. Nantinya, pihak FIFA akan menyumbang dana sebesar Rp 85,6 miliar dan pemerintak akan mengelontorkan dana Rp 90 miliar.

Proses peletakan batu pertama training center Timnas Indonesia di IKN pun dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini groundbreaking nasional training center secara resmi saya nyatakan dimulai terima kasih," ucap Jokowi dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023).

Selain itu, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas bantuannya untuk Timnas Pelatnas Indonesia. Dana Rp 85,6 miliar disebutnya sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

"Saya berterima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp 85,6 miliar kepada PSSI," imbuh Jokowi.

Sebagai informasi, training center Timnas Indonesia itu nantinya akan mempunyai fasilitas delapan lapangan latihan.

Selain itu juga terdapat pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia dan memfasilitasi penelitian serta pengujian teknologi terbaru dalam sepak bola.

Sebagai informasi, training center Timnas Indonesia di IKN itu berdiri di atas lahan seluas 34,5 hektar.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan groundbreaking National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat menandai babak baru sepak bola Indonesia.

Erick menyampaikan impian ini tak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan komitmen FIFA yang melihat rencana transformasi sepak bola Indonesia bisa bersih dan berprestasi.

"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepak bola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki training center (TC) buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick saat menyampaikan sambutan groundbreaking NTC di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat.

"FIFA sendiri pada saat ini untuk fase 1 membantu pendanaan mencapai 85,6 miliar rupiah," ucap Erick Thohir.

"Ini pertama kali sebenarnya, FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," sambungnya.

Nantinya, proses pembangunan training center Timnas Indonesia di IKN itu akan dikerjakan dalam beberapa tahap.

Kini pembangunan tersebut telah memasuki tahap yang pertama.

"Karena ini kami coba menyelesaikan fase 1 yaitu 2 lapangan," tutur Erick Thohir.

"Dan juga tempat penginapan untuk para atlet dan pelatih dan juga changing room, dll," kata Erick Thohir.

"Tentu di fase dua ini totalnya rencana akan terjadi 8 lapangan," ucap Erick Thohir.

"Di mana nanti ada 5 lapangan besar 1 lapangan futsal, 1 lapangan latihan tertutup dan juga lapangan beach football."

Erick mengatakan, bahwa pembangunan training center itu ditargetkan akan rampung dalam enam bulan.***

(sumber : westjavatoday.com)