Elite Demokrat Ungkap Ucapan SBY soal 'Cara Bekerja dengan Megawati

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution mengungkapkan ucapan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Bagi SBY, kata Syahrial, Megawati sosok yang berkomitmen dengan putusannya.

Ucapan SBY itu, menurut cerita Syahrial, terlontar usai rapat Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat. SBY mengakui pernah menjadi anak buah Megawati dan kenal dengan sosok Megawati.

"Pak SBY itu terakhir setelah rapat MTP, sampaikan kurang lebih begini, 'Saya ini kan lama jadi anak buah Ibu Mega, saya juga tahu gimana kurang lebih cara bekerja dengan Ibu Mega, gitu kan, jadi Ibu Mega orang yang konsisten kalau sudah ambil suatu keputusan'," kata Syahrial seraya mencontohkan ucapan SBY dalam diskusi Adu Perspektif x Total Politik Rabu (6/9/2023) malam.

SBY pernah menjabat Menteri Koordinator Politik dan Keamanan dalam pemerintahan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. SBY kemudian mengundurkan diri pada 11 Maret 2004 untuk maju sebagai capres Pemilu 2024.

SBY, kata Syahrial, menyebut kalau hubungannya dengan Mega mungkin kurang pas. Namun, Megawati tidak menunjukkan sikap tersebut ke putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. SBY mengatakan Megawati bisa menerima AHY.

"'Untuk hal terkait dengan kepentingan yang lebih besar, kenegaraan, Ibu Mega boleh dengan saya mungkin kurang pas, tapi beliau itu bisa menerima Mas AHY'," ujar Syahrial.

Hubungan Demokrat dan PDIP belakang memang cukup dekat, hal tersebut semakin terlihat usai DPP Partai Demokrat mengumpulkan Ketua DPD Demokrat se-Indonesia. Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief, memberi kode soal PDIP dan PPP.

"Progresnya kantor PDIP sama PPP kok deket ya, itu aja kodenya, kok dekat, kok dekat, kantor itu kok dekat gitu," kata Andi Arief di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

(sumber : detik.com)