Demokrat Jadi Satu-satunya Partai Parlemen Tanpa Koalisi

  


HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Partai Demokrat memutuskan hengkang dari Koalisi Perubahan Untuk Persatuan (KPP). Dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bacapres juga sudah dicabut. Kini Demokrat sendiri tanpa koalisi.

Demokrat sebelumnya bersama NasDem dan PKS mendukung Anies Baswedan sebagai bacapres 2024. Namun dukungan dicabut lantaran duet Anies dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dibongkar.

Pencabutan dukungan terhadap Anies dilakukan Demokrat sehari sebelum deklarasi diresmikan.

Adapun, Anies dan Cak Imin resmi deklarasi sebagai bacapres dan bacawapres 2024 pada Sabtu (2/9/2023) di Surabaya. 

Sebagai informasi, PKB awalnya mendeklarasikan koalisi dengan Gerindra pada tahun 2022. Koalisi itu diberi nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Seiring berjalannya waktu, PBB, Golkar dan PAN juga merapat mendukung Prabowo. Prabowo kemudian mengumumkan nama koalisi pendukungnya menjadi Koalisi Indonesia Maju.

Pengumuman itu disampaikan Prabowo saat berpidato dalam acara HUT PAN. Usai acara, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku baru tahu nama koalisi itu saat Prabowo mengumumkannya.

Terbaru, PKB rupanya menerima tawaran dari NasDem agar Cak Imin menjadi cawapres Anies. Tawaran itu langsung disetujui PKB. Duet Anies-Cak Imin pun telah dideklarasikan di Surabaya.

Peta koalisi parpol untuk Pilpres 2024:

1. PDIP-PPP-Hanura-Perindo (mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres).

2. Gerindra-PAN- Golkar-Gelora-PBB (mengusung Prabowo Subianto sebagai capres).

3. NasDem-PKB-PKS (mengusung Anies baswedan sebagai bacapres dan Cak Imin sebagai bacawapres).

(sumber : westjavatoday.com)