Anggota Polisi Jadi Korban Begal di Bandung, Diteriaki Maling hingga Dilindas Motor



HELOBEKASI.COM, BANDUNG Seorang polisi berinisial AZH menjadi korban begal di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (3/9/2023) sekitar pukul 04.00 WIB. Jajaran Polsek Regol Polrestabes Bandung berhasil mengungkap kasus pembegalan atau pencurian dengan kekerasan (Curas) tersebut.

Total ada tiga begal yang berhasil ditangkap oleh jajaran Polsek Regol untuk tiga kasus pembegalan yang dilakukan komplotan ini yang terdiri dari tersangka SR (22), MAR(21), dan SH (23).

"Ada tiga LP (laporan polisi) yang sedang ditangani Polsek Regol yang mana salah satu korban dari kasus curas ini adalah seorang anggota Polri," kata Kapolsek Regol AKP Aji Riznaldi Nugroho saat memberikan keterangan pers Rabu, 6 September 2023.

Kata Aji, Peristiwa pembegalan yang menimpa AZH itu terjadi saat korban hendak berobat ke RS Sartika Asih. Korban kemudian sempat mampir ke gerai ATM yang tak jauh dari lokasi rumah sakit tersebut untuk menarik uang. 

Lalu ada dua pelaku yang menghampiri korban yang datang menggunakan sepeda motor matic. Salah satu pelaku tiba-tiba membacok korban di bagian kepala.

Akibat bacokan itu, korban terhuyung-huyung hingga akhirnya terjatuh dengan kondisi terluka. Pelaku begal yang saat itu beraksi menggunakan motor bahkan sempat menggilas korban setelah merampas ponsel dan uang ratusan ribu milik korban. 

"Dalam melancarkan aksinya para pelaku menggunakan senjata tajam di mana saat kejadian anggota Polri itu dibacok kemudian diteriaki maling sampai dilindas oleh sepeda motor," papar Aji.

"Dalam aksinya, tersangka menggunakan sepeda motor dan dibekali senjata tajam jenis golok," kata AKP Aji.

Ia mengungkapkan para pelaku begal tidak hanya beraksi pada saat itu saja pada hari kejadian. Ternyata, komplotan itu di hari yang sama juga membegal korban berinisial MFR.

Menurutnya, korban MFR dibacok para pelaku dan motornya digasak di Jalan Moh Toha, tepatnya depan Bank BNI. 

Tak cukup sampai di situ, para pelaku begal yang sama juga kembali beraksi pada Selasa, 5 September 2023 sekitar pukul 23.00 WIB. 

Kali ini, para pelaku membegal seorang perempuan berinisial TN dan berhasil menggasak uang senilai Rp700.000 dan ponsel korban.

Selanjutnya, Unit Reskrim Polsek Regol menangkap ketiga pelaku begal tersebut, dua di antaranya bahkan dihadiahi timah panas di bagian kakinya lantaran berupaya kabur dan menyerang petugas saat ditangkap.

Menurut AKP Aji, pelaku SR ditangkap di pintu Tol Moh Toha. Sedangkan pelaku MAR dan SH ditangkap di depan Museum Sri Baduga, Jalan BKR, Kota Bandung.

Ia menjelaskan bahwa ketiga pelaku ini ternyata satu komplotan residivis yang baru satu bulan keluar dari Rutan Kebonwaru. 

Selain menangkap ketiga pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa motor hasil kejahatan, senjata tajam jenis golok hingga uang tunai. 

Atas perbuatannya, ketiga pelaku begal itu dijerat Pasal 365 ayat 1 dan 2 KUHPidana dan terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara.***

(sumber : westjavatoday.com)