Pohon Damar Tua Setinggi 20 Meter Tumbang di Jalan Dago Bandung

 



HELOBEKASI.COM, BANDUNG - Sebuah pohon yang cukup besar tumbang di sekitar Jalan Ir. H. Djuanda atau Dago, Kota Bandung. Pohon besar yang tumbang ini berdasarkan informasi terjadi pukul 02.00 WIB, Rabu (2/8/2023).

Pohon tumbang ini memiliki tinggi 20 meter dan berdiameter lebih dari satu meter, dan tepatnya di samping restoran cepat saji Mi Gacoan tumbang. 

Tidak ada korban dari kejadian tumbangnya pohon itu. Namun, pohon besar ini tumbang ke titik bangunan yang memang kosong dan merusak pagar bangunan yang berada di samping Mi Gacoan.

Kini pohon tumbang tersebut sudah dalam penanganan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) kota Bandung.

Saat ini, petugas kepolisian setempat pun tengah membantu petugas dari Dinas Pertamanan untuk mengevakuasi dengan memotong-motong pohon besar tersebut. 

Tampak, pohon besar yang tumbang ini di bagian dalamnya terlihat kopong alias bolong, serta akar-akarnya tak terlihat, padahal pohon ini sangatlah besar. 

Dilihat dari dekat, pohon itu patah di bagian bawah, kondisi sudah kropos dan tidak ada akar di bawahnya. Pohon itu disebut telah berusia 50 tahun.

"(Pohon) ini memang hasil penelitian DPKP memang sehat. Akan tetapi memang pagi tadi roboh," ucap Camat Coblong Krinda.

Di Jalan Dago ini, kata Krinda, cukup banyak pohon besar dan berusia tua. Karena itu, Krida memastikan jika pihaknya bersama dengan DPKP selalu melakukan pengecekan pohon dan juga perawatan.

Kondisi arus lalu lintas di sekitarnya pun tampak tak berpengaruh alias tak terjadi kemacetan lantaran memang tumbangnya pohon itu bukan melintang ke jalan raya.

Dugaan sementara pun masih diselidiki namun yang pasti kondisi yang diketahui pohon damar tersebut sudah terlihat bolong dan kropos di bagian dalamnya dan tak berakar.***