Menang 3-1 atas PSIS, Persib Geser Persija di Puncak Klasemen Liga 1

 



HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Persib mengamankan 3 poin usai menang 3-1 atas PSIS Semarang pada pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2022/2023, di Stadion Jatidiri, Selasa (31/1/2023) petang.

Dua gol Pangeran Biru dicetak Marc Klok menit 18 dan Ciro Alves menit 36, dan David da Silva di menit ke-80. Sedangkan gol PSIS dihasilkan melalui Taisei Marukawa di menit ke-65.

Di pertandingan ini, Persib menurunkan Nick Kuipers, Victor Ignonefo, Kakang Rudianto, Daisuke Sato dan Rachmat Irianto sejak menit pertama. 

Sementara di depan, trio Ezra Walian, David da Silva dan Ciro Alves menjadi andalan dengan dukungan Dedi Kusnandar dan Marc Klok dari lini kedua.

Babak pertama dimulai dengan tempo lambat dari kedua tim. Pertandingan baru berjalan dua menit, David da Silva sudah mendapat peluang ketika dia lolos dari perangkap off side. Tapi sepakannya masih berakhir di sisi kanan gawang. 

Menit 18, Persib membuka keunggulan di pertandingan ini. Marc Klok menyodorkan bola kepada Da Silva. Penyerang Brasil itu membawanya melewati kiper Adi Satryo, lalu mengirimkannya ke mulut gawang yang disambar sundulan Klok. 

Alves kemudian bisa menggandakan keunggulan di menit 36 untuk mengubah skor menjadi 2-0. 

Berawal dari Ezra Walian, penyerang bernomor punggung 30 itu memberikan bola kepada Da Silva dan langsung meneruskannya kepada Ciro Alves. Dengan kaki kirinya, Alves sambar bola untuk membuatnya bersarang di gawang PSIS. 

Di menit-menit akhir babak pertama, PSIS sempat mengancam melalui sejumlah peluang, tapi tak ada gol tercipta. Kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua PSIS langsung meningkatkan serangan dan mampu menemukan momentum. Permainan lebih terorganisir dan mampu menekan pertahanan Persib.

Hasilnya Taisei Marukawa di menit ke-65 mampu melepaskan tembakan pelan ke gawang Persib dalam sebuah kemelut di depan gawang Teja Paku Alam. Skor berubah menjadi 2-1.

Mengantisipasi kelelahan pemain belakang, pelatih Persib Luis Milla melakukan sejumlah pergantian, salah satunya debutan Rezaldi Hehanussa alias Bule.

Dan debut Bule berbuah manis ketika dia mampu memberikan assist untuk gol David da Silva di menit ke-80 untuk membuat kedudukan menjadi 3-1, sekaligus mengunci kemenangan Maung Bandung.

Berawal dari skema serangan dari lapangan tengah, bola dioper ke sisi kanan pertahanan PSIS kepada Bule. Dengan tendangan terukur Bule mengirim bola kepada da Silva yang dengan satu sentuhan menceploskan bola ke gawang PSIS.

Dengan tambahan 3 poin Persib kembali menggeser Persija di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 42 poin dari 20 kali berlaga, unggul 1 poin dari Macan Kemayoran di posisi kedua, dan PSM Makassar di urutan ketiga.  ***