Hasil Piala Liga Inggris 2022/2023: Southampton Kalahkan Man City 2-0

 




HELOBEKASI.COM, JAKARTA - Southampton secara mengejutkan berhasil singkirkan Manchester City di babak perempat final Piala Liga Inggris 2022-2023. Mereka kalahkan Man City dengan skor akhir 2-0 dari Southampton di Stadion St. Mary's, Southampton, Kamis (12/1/2023) dini hari WIB.

Dua gol tuan rumah dicetak oleh Sekou Mara (23') dan Moussa Djenepo (28'). Man City sendiri gagal memanfaatkan sejumlah peluang meski penguasaan jalannya pertandingan.

Begitu pertandingan dimulai, Southampton mampu memberikan tekanan. Mereka bahkan nyaris memimpin pada menit kesembilan. Namun, peluang Duje Ćaleta-Car bisa dihalau kiper Man City, Ortega Moreno.

Man City tampak kesulitan untuk mengembangkan permainan. Mereka harus bersusah payah untuk menemukan celah. Hanya saja, upaya mereka masih belum membuahkan hasil.

Southampton kemudian sukses unggul pada menit ke-23. Sekou Mara berhasil mencetak gol dengan sepakan kerasnya, meneruskan umpan yang dikirimkan Lyanco.

Skuad berjuluk The Saints kemudian dapat menggandakan keunggulannya tak lama kemudian. Tepatnya pada menit ke-28, Moussa Djenepo yang sukses menjebol gawang kawalan Ortega.

Tertinggal, Man City mencoba untuk bangkit. Kemudian datang pada menit ke-34. Meski begitu, tendangan yang dilepaskan oleh Jack grealish masih bisa dihalau pemain Southampton.

Tim berjuluk The Citizens itu terus berusaha untuk memberikan tekanan pada menit-menit akhir babak pertama. Namun, mereka tetap tertinggal pada akhir 15 menit pertama dengan skor 0-2.

Begitu paruh kedua dimulai, Man City kembali berusaha melancarkan serangan. Walau demikian, beberapa peluang yang mereka ciptakan belum bisa diselesaikan dengan sempurna.

Walau unggul, Southampton tak tinggal diam. Mereka bahkan nyaris menambah keunggulan pada menit ke-50. Meski begitu, serangan Adam Armstrong hanya bisa melebar.

Keadaan itu membuat pelatih Man City, Pep Guardiola, mulai bergerak. Dia menarik keluar Jack Grealish, dan menggantikannya dengan Erling Haaland pada menit ke-55.

Masuknya Haaland dapat sedikit menghidupkan serangan Man City. Peluang juga didapat pada menit ke-70. Namun, penyelesaian akhirnya masih belum sempurna, dan bola sepakannya hanya bisa melebar.

Southampton sebenarnya dapat memasukkan bola ke gawang man City pada menit ke-77. Sayang, gol dari Adam Armstrong harus dianulir, karena dia tertangkap off-side terlebih dahulu.

Hingga menit ke-80, Man City masih belum bisa mencatatkan shot-on-target. Keadaan tersebut terus bertahan hingga akhir pertandingan. Man City pun kalah dengan skor 0-2.***

Susunan Pemain

Southampton (4-2-3-1): Bazunu; Lyanco, Calenta-Car, Salisu, Walker-Peters; Lavia, Diallo; Djanepo, Ward-Prowse, Armstrong; Mara
Pelatih: Nathan Jones

Man City (4-3-3): Ortega; Cancelo, Walker, Laporte, Gomez; Palmer, Phillips, Gundogan; Foden, Alvarez, Grealish
Pelatih: Pep Guardiola