Warga Cimalaka Sumedang Raup Puluhan Juta dari Budidaya Ikan Dewa

 


HELOBEKASI.COM, Sumedang - Dedin Khoerudin, Warga Dusun Margamukti, Desa Licin, Kecamatan Cimalaka sukses membudidayakan ikan dewa atau ikan kancra. 

Dari hasil budidayanya itu, Dedin bahkan telah mampu diekspor ke luar negeri dan meraup untung hingga Rp 20 juta setiap bulannya. 

"Ikan dewa ini paling laris saat menjelang imlek, karena ada salah satu tradisi di Cina yang menjadikan ikan dewa sebagai menu makanan. Bahkan saya pernah untung sampai Rp 100 juta," kata Dedin kepada wartawan, dikutip Selas (6/9/2022).

Dedin mengaku, setiap bulannya, ia minimalnya menargetkan harus mampu membudidayakan benih ikan dewa sebanyak 5.000 ekor benih ikan. 

Benih-benih tersebut untuk memenuhi kebutuhan domestik dan kebutuhan ekspor. 

"Pemasaran mulai dari lokal sampai ekspor. Untuk ekspor kami kirim ke Malaysia, Singapura dan Hongkong, kalau indonesia kita kirim ke Jakarta, Bogor, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sejumlah wilayah lainnya," ujarnya.

Ia menyebut, ada 9 jenis ikan dewa yang dibudidayakan olehnya. Ikan-ikan itu berasal dari ikan endemik asli Indonesia atau jenis lokal dan jenis ikan dewa luar. 

Harga benih ikan dewa ukuran 3-4 sentimeter dihargai kisaran Rp 4.000 sampai Rp 5.000. Sementara ikan dewa ukuran konsumsi dihargai pada kisaran Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta per kilogramnya. 

"Kalau di luar negeri seperti di Malaysia atau Hongkong bisa mahal lagi harga ikan dewa untuk konsumsi ini, bisa sampai tiga juta sampai empat juta rupiah," sebut Dedin.  ***