Raffi Ahmad hingga Budi Dalton Masuk Bursa Calon Wali Kota Bandung

 


HELOBEKASI.COM, Bandung - Nama-nama sejumlah tokoh muncul dalam bursa Calon Wali Kota Bandung. Dalam survei yang dilakukan Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) sejumlah tokoh mencuat seperti Atalia Praratya, Yana Mulyana, Budi Dalton hingga Sultan Raffi Ahmad.

Nama Budi Dalton muncul dalam survei elektabilitas Calon Wali Kota Bandung yang dilakukan oleh Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC).

Dalam survei itu, Budi Dalton menempati posisi keempat dengan 2,9 persen. Sedangkan di atasnya ada Atalia Praratya dengan posisi tertinggai yakni 18,8 persen, disusul Yana Mulyana, dan M Farhan.

Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC Idil Akbar mengatakan bahwa nama Budi Dalton bisa memberikan pilihan wali kota melalui jalur independen.

“Ya memang selain Raffi Ahmad, nama Budi Dalton bahkan adik Ridwan Kamil, yakni Elpi Nazmuzaman juga ikut naik. Kalau Elpi itu karena adanya cover media ketika kedukaan keluarga Emil,” kata Idil dikutip Jumat (9/9/2022).

Dia menyebutkan bahwa Budi Dalton mempunyai peluang besar untuk menjadi Calon Wali Kota Bandung pilihan warga Kota Bandung.

“Nah, kalau Budi Dalton, dia budayawan yang dikenal di Bandung dan punya peluang. Jadi, independen ada potensi terjadi, karena sejauh ini partai politik belum menentukan calon,” tuturnya.

Sementara itu, ketika disinggung terkait adanya nama Budi Dalton dalam daftar hasil survei, Idil menyebut nama Budi Dalton bisa memberikan pilihan wali kota melalui jalur independen.

“Ya memang selain Raffi Ahmad, nama Budi Dalton bahkan adik Ridwan Kamil, yakni Elpi Nazmuzaman juga ikut naik. Kalau Elpi itu karena adanya cover media ketika kedukaan keluarga Emil,” tuturnya.

“Nah, kalau Budi Dalton, dia budayawan yang dikenal di Bandung dan punya peluang. Jadi, independen ada potensi terjadi, karena sejauh ini partai politik belum menentukan calon,” tandasnya.

Sebagai calon Wali Kota pilihan warga Kota Bandung, ini profil Budi Dalton yang harus diketahui untuk melihat track record sebelum menjadi calon Wali Kota Bandung.

Budi Dalton yang memiliki nama asli Budi Setiawan Garda Pandawa ini lahir pada 16 Oktober 1972. Dia adalah seorang aktor yang cukup terkenal di dunia perfilman Indonesia

Tak hanya itu, Budi Dalton juga dikenal sebagai budayawan Sunda. Dia juga menjadi salah seorang pendiri dan presiden dari komunitas Bikers Brotherhood (BB 1% MC). Budi Dalton juga mengajar di Universitas Pasundan.

Pada tahun 2013, Budi Dalton pernah maju sebagai Calon Wali Kota Bandung, berpasangan dengan aktivis perempuan bernama Mira Rosana Gragey.