Cerita Penjual Jersey Indonesia Cari Cuan di Piala AFF U-16



HELOBEKASI.COM, Yogyakarta - Para penjual jersey KW turut mengais rezeki di tengah ingar bingar kiprah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.
Kehadiran mereka terlihat jelas di pintu timur Stadion Maguwoharjo, Sleman. Para penjual jersey yang mayoritas berasal dari luar Yogyakarta itu sudah menjajakkan dagangan mereka sejak dimulainya babak penyisihan grup.

Jersey yang dijual beragam. Mulai dari jersey KW Timnas Indonesia keluaran terbaru hingga kostum tim Garuda edisi lama.

Harganya pun bervariasi. Mulai dari harga Rp110 ribu untuk jersey ukuran dewasa hingga jersey harga Rp70-80 untuk ukuran anak-anak.

Salah satu pedagang yakni Iwan Gunawan mengaku penjualan jersey KW miliknya belakangan mulai naik omsetnya terutama saat tim Garuda Asia menghadapi Vietnam di laga terakhir fase grup. Pria asal Cicadas, Jawa Barat mengaku omsetnya meningkat sampai tiga kali lipat.

Iwan mengaku jersey tandang Timnas Indonesia yang didominasi warna putih kombinasi hijau menjadi yang paling banyak diburu oleh suporter.

"Pas lawan Vietnam [ramai] pembelinya kalau pas lawan Myanmar kurang. Yang [jersey] putih paling laris," ujar Iwan kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/8) malam.

"Di sini kami jual jersey model lama dan baru. Harian [kalau tidak ada pertandingan] juga lumayan," ia melanjutkan.

Lain Iwan, lain pula Endang Soleh. Ia merasa penjualan jersey di Sleman masih lebih rendah jika dibandingkan saat menjajakan dagangannya di Stadion Patriot, Bekasi saat berlangsungnya gelaran Piala AFF U-19 2022, Juli lalu.

Endang mengaku bisa menjual paling banyak 40 jersey dalam sehari selama berlangsungnya Piala AFF U-16. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan saat berjualan jersey di Stadion Patriot yang bisa mencapai 80 potong.

"Pas Indonesia lawan Filipina penjualan jersey jelek karena penonton yang datang sedikit juga. Paling banyak bisa terjual 40 potong dan yang paling banyak dicari jersey putih timnas," kata pria berusia 53 itu.

"Kalau pas di Bekasi jersey timnas, mau yang lama atau yang baru tetap dibeli. Nah kalau di sini berbeda, kebanyakan mencari jersey keluaran terbaru. Semoga saja pas final [melawan Vietnam] jualannya bisa ramai," katanya lagi.

Timnas Indonesia U-16 sendiri akan menghadapi Vietnam pada final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8). Skuad asuhan Bima Sakti memburu gelar kedua setelah menjadi juara tahun 2018 ketika berstatus tuan rumah.

Sumber : CNN Indonesia