Hampir Sejuta Pelanggan Tinggalkan Netflix, Apa Penyebabnya?



HELOBEKASI.COM, JAKARTA
 - Netflix ditinggalkan cukup banyak pelanggannya. Layanan streaming terbesar di dunia ini melaporkan bahwa hampir sejuta pelanggan pergi.

Setelah kehilangan lebih dari 200.000 pelanggan pada kuartal pertama 2022, kini platform streaming asal Amerika Serikat itu ditinggal 970.000 pelanggannya pada kuartal kedua 2022.

Angka itu memang lebih baik ketimbang proyeksi Netflix yang memperkirakan akan kehilangan dua juta pelanggan. Tapi tetap saja angka itu merupakan kehilangan kuartal terbesar yang pernah dialami Netflix sepanjang sejarahnya.

Bahkan beberapa waktu silam, Netflix juga PHK sebagian karyawan. 

"Hilangnya pelanggan ini sepertinya karena kompetisi yang tinggi dari layanan streaming lain, situasi ekonomi global, dan fakta bahwa mereka sudah punya banyak pelanggan," kata Ferran G Vilero, CEO perusahaan analitik streaming, NPAW.

Dikutip dari USA Today, Netflix memang punya lebih dari 220 juta pelanggan di seluruh dunia, masih unggul jauh dari HBO Max dengan 74 juta pelanggan dan Disney Plus dengan 87,6 juta pelanggan.

Mungkin juga setelah pandemi Corona mereda, orang merasa tidak perlu lagi berlangganan video streaming seperti Netflix sebagai hiburan di rumah karena sudah ngantor lagi. 
"Pengguna melihat lagi biayanya dan bertanya apa mereka perlu semua konten itu dan lebih penting lagi, apa mampu membayarnya?" kata Ferran.

Dalam beberapa bulan terakhir, Netflix telah mengubah strategi bisnisnya untuk menghadapi bulan-bulan yang sulit ke depannya. Pada bulan Mei dan Juni, Netflix mem-PHK 450 karyawan.

Netflix juga akan meluncurkan paket langganan baru dengan harga yang lebih murah tapi diselipi iklan. Dalam suratnya kepada pemegang saham, Netflix mengatakan paket ini akan diluncurkan awal tahun depan.***