China Latihan Militer di Selat Taiwan di Tengah Isu Kedatangan Pelosi



HELOBEKASI.COM, Jakarta - Pasukan militer China menggelar latihan menembak di perairan Taiwan pada Sabtu (30/7) di lepas pulau Pingtan di Provinsi Fujian.
Latihan militer ini diduga sebagai bentuk antisipasi kemungkinan kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke wilayah tersebut.

Saat proses latihan berlangsung, wilayah perairan tersebut akan diblokade atau tidak bisa dimasuki oleh siapapun.

Meski demikian, dalam pemerintah lewat pernyataan tidak secara gamblang menyebut latihan digelar untuk mencegah kedatangan Pelosi.

Sebelumnya, ketegangan antara China dan AS kembali meningkat akibat rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan. Presiden China Xi Jinping pun memperingatkan Presiden Joe Biden melalui panggilan telepon terkait rencana tersebut.

"Jika Anda bermain api, Anda akan terbakar. Saya harap pihak AS dapat melihat ini dengan jelas," kata Jinping ke Biden.

Terkait rencana kunjungan Pelopi, pemerintah AS belum membenarkan ataupun membantah hal tersebut. Adapun Pelosi memang akan melakukan tur Asia pada pekan ini dengan salah satu negara yang disebut-sebut masuk daftar kunjungannya adalah Taiwan.

Terkait hal tersebut, Pelosi juga belum memberikan komentar, sehingga berbagai polemik muncul. Sebab, China melihat kunjungan pejabat AS ke Taiwan sebagai bentuk provokasi.

Meskipun pejabat AS sering melakukan kunjungan diam-diam ke Taiwan, Pelosi berada di urutan kedua kepresidenan dan dia akan mendapatkan pengawalan militer selama kunjungannya ke Asia. 

China sendiri telah berulang kali memprotes rencana ini dan menilai kedatangan Pelosi akan menimbulkan sentimen buruk dan berbahaya bagi kedaulatannya.

Sumber : CNN Indonesia