Arab Saudi Buka Suara Soal Kondisi Raja Salman Usai Masuk Rumah Sakit

 



HELOBEKASI.COM, JEDAH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz pada Sabtu (7/5) dibawa rumah sakit di Jeddah, kota di Laut Merah, untuk menjalani tes medis, lapor kantor berita Saudi SPA yang mengutip pernyataan pihak kerajaan.

Raja Salman menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Khusus King Faisal

Raja Salman menjadi penguasa negara penghasil minyak utama dunia pada 2015 setelah menghabiskan 2,5 tahun lebih sebagai putra mahkota dan juga wakil perdana menteri.

Pemimpin berusia 86 tahun itu pernah menjalani operasi kandung empedu pada 2020 dan baterai alat pacu jantungnya diganti pada Maret.

Arab Saudi buka suara soal kondisi Raja Salman bin Abdulaziz usai masuk rumah sakit pada Minggu (8/5) sore.

Menurut kantor berita Saudi Press Agency (SPA) yang dikelola pemerintah, Raja Salman harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari untuk beristirahat setelah menjalani kolonoskopi pada Minggu sore.

Dikutip Reuters, Saudi memastikan hasil kolonoskopi Raja Salman baik-baik saja. Kolonoskopi merupakan prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi luka, iritasi, polip atau kanker pada usus besar dan rektum, yaitu bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus.

Dokter biasanya menyarankan prosedur kolonoskopi untuk mendeteksi kanker usus besar hingga polip usus terutama pada usia lansia.

Meski begitu, Saudi tak membeberkan detail berapa lama Raja Salman akan menghabiskan waktu di rumah sakit.***