Ramadan Festival Kabupaten Bekasi Tahun 2022 Digelar, Ajang Unjuk Seni Budaya dan Bazar Kuliner


TAMBUN SELATAN, HELOBEKASI.COM - Sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi daerah dan memperkenalkan kesenian budaya serta kuliner khas Kabupaten Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) menggelar kegiatan Ramadan Festival (Ramfest) perdana di tahun 2022, yang mampu mewadahi para Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kegiatan ini berlangsung di Museum Gedung Juang, Tambun Selatan, pada Rabu (20/4). 

“Pemulihan ekonomi daerah melalui seni budaya dan kuliner UKM pada kegiatan ini, sangat mendorong bangkitnya perekonomian Kabupaten Bekasi. Selain itu, kita juga bisa memperkenalkannya kepada masyarakat luas yang ikut memeriahkan dalam acara Ramfest ini,” ujar Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki yang hadir langsung pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Plt. Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Disbudpora Kabupaten Bekasi dan seluruh pihak yang terlibat, atas terselenggaranya Ramfest 2022 ini yang menyajikan berbagai kesenian, pameran, seni pertunjukan serta olahan kuliner khas ramadan.

“Saya mengapresiasi kegiatan Disbupora ini dan semua pihak yang terlibat. Terlihat banyak sekali kuliner ramadan, dan berbagai penampilan kesenian hari ini,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, kegiatan ini mampu mendorong bangkitnya perekonomian serta kegiatan sosial dan kebudayaan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, antara lain budayawan, serta Tim TP-PKK dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Ia menyebutkan, dengan adanya Ramfest ini diharapkan juga mampu mewadahi para UKM di Kabupaten Bekasi yang dahulu sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini bisa mendorong perekonomian diberbagai sektor dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, seperti budayawan dan PKK Kabupaten Bekasi yang menyajikan produk-produk unggulan mereka.” terangnya.


Sementara itu Plt. Disbudpora, Henri Lincoln mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan kembali pagelaran seni di Kabupaten Bekasi dan menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi dalam seni terutama para pelaku seniman untuk menunjukan eksistensinya dimasa pandemi.

“Tujuan kegiatan ini pertama pemulihan ekonomi di Kabupaten Bekasi, kemudian bisa membangkitkan pagelaran seni dan menunbuhkembangkan kreativitas serta inovasi para pelaku seniman untuk menunjukan eksistensinya dimasa pandemi.” terangnya.

Sebagai informasi, acara Ramadan Festival Tahun 2022 Kabupaten Bekasi ini berlangsung selama empat hari, sejak tanggal 20 hingga 24 April 2022, mulai pukul 15.30 sampai dengan 17.30 WIB.

Reporter: RSM
Editor: shn