Peringatan Hari Kartini, Plt. Bupati: Momen Teladani Perjuangan Kartini



BANDUNG, HELOBEKASI.COM - Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Bekasi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi, menghadiri Peringatan Hari Kartini Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung Sate, Bandung, Kamis (21/4). 

Saat diwawancarai, Plt. Bupati memiliki makna tersendiri dalam memperingati Hari Kartini terutama diera globalisasi saat ini. Ia menyampaikan momen Hari Kartini sebagai bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, pahlawan pelopor emansipasi wanita Indonesia dan sangat patut dijadikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia.

“Mari kita kenang jasa-jasa beliau dalam memperjuangkan hak-hak wanita, dan menjadikan beliau sebagai inspirasi,” ucapnya.

Plt. Bupati juga mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan ruang kepada perempuan di Kabupaten Bekasi untuk memperluas kreativitas, inovasi, dan kariernya, untuk berkarya dalam segala bidang dengan berbagai cara dan bentuk di era yang beragam saat ini.

“Pemerintah daerah memberikan ruang kepada perempuan di Kabupaten Bekasi untuk seluas-luasnya agar bisa berkarir, berkarya, dan menujukan kreativitasnya dengan beragam cara,” katanya.

Terakhir, dirinya berharap kepada kartini-kartini muda khususnya di Kabupaten Bekasi, untuk yakin dan percaya diri bahwa dirinya memiliki status dan kemampuan yang sama dengan lelaki.

“Tetap semangat dan tunjukan kreativitas perempuan dan kekuatan perempuan sama dengan laki-laki.” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan peringatan Hari Kartini tentu menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia khususnya perempuan, karena pengorbanan yang luar biasa dari R.A Kartini yaitu menjual perhiasan untuk membangun sekolah-sekolah.

“Peringatan ini menjadi penyemangat bagi kita semua, R.A Kartini pengorbanannya sangat luar biasa karena rela menjual perhiasan demi membangun sekolah-sekolah.” terangnya. 

Peringatan Hari Kartini ini juga dilakukan secara hybrid bersama Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju berserta para Anggota Bidang OASE Kabinet Indonesia Maju, yang bertempat di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

Yang sekaligus dirangkaikan dengan pemberian penghargaan dari OASE Kabinet Indonesia Maju, kepada perempuan berjasa dan berprestasi disetiap Kabupaten/Kota se-Indonesia dalam empat bidang, yakni Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Sosial Budaya, dan Bidang Pertanian. 

Reporter: RSM
Editor: shn