Plt. Bupati Buka Festival Ikan Koi Pertama di Kabupaten Bekasi


BEKASI, HELOBEKASI.COM  - Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, membuka Festival Young Koi Show, yang merupakan festival ikan koi pertama di Kabupaten Bekasi. Festival yang diselenggarakan oleh Komunitas Pencinta Ikan Koi ini berlangsung di Maxbox Orange County, Lippo Cikarang, pada Sabtu pagi (19/3).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan Young Koi Show ini, karena menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif dan menjadi suatu wadah bagi para pecinta dan penggemar ikan koi untuk dapat berkompetisi secara fair dan profesional. 

“Tentunya saya atas nama pemerintah daerah akan membantu memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang memiliki dampak positif, seperti kegitan festival ikan koi yang pertama di Kabupaten Bekasi kali ini,” terangnya. 

Marjuki berharap, kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya agar masyarakat Kabupaten Bekasi bisa semakin mengenal dan mendapatkan edukasi terkait budidaya ikan koi, serta dapat membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi. 

"Saya liat tadi pesertanya dari berbagai daerah, ada yang dari Banyuwangi bahkan dari luar pulau juga. Untuk itu saya harapkan selain dapat mengenalkan ikan koi ke masyarakat luas, kegiatan seperti ini juga dapat membangkitkan perekonomian di kalangan masyarakat." ujarnya. 

Sementara itu, Sultan Koi Cikarang sekaligus Ketua Panitia kegiatan ini, Nyumarno mengatakan, festival ikan Koi ini merupakan yang pertama kali digelar di Kabupaten Bekasi dengan memperebutkan piala Bupati Bekasi dan hadiah uang tunai. 

Dirinya menambahkan, tujuan diselenggarakannya festival Young Koi Show adalah untuk memulihkan perekonomian yang ada di Kabupaten Bekasi. 

"Saya berharap, kedepan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, dan Alhamdulillah tadi pak Bupati menyambut baik kegiatan ini sebagai wujud konkrit pemerintah terhadap budidaya ikan hias yang ada di Kabupaten Bekasi." ucapnya. 

Sebagai informasi, kontes dengan nama 1st Bupati Bekasi Young Koi Show ini di gelar selama 2 hari yakni dari tanggal 19-20 Maret 2022. Dengan diikuti sebanyak 350 peserta dari seluruh Indonesia, dan menghadirkan 3.382 jenis ikan yang terdiri dari komunitas ikan koi, pembudidaya ikan koi, petani koi dan dealer-dealer koi. 

Kegiatan ini akan melombakan 5 kelas atau kategori, yaitu mulai dari Kelas A-E. Kelas A untuk Kohaku, Sanke, Showa. Kelas B untuk Shiro Utsuri, Kinginrin A, Goshiki, Kujaku dan Ochiba. Kemudian Kelas C untuk Tancho, Kingindrin B, Hikari Moyomono,  Kawarimono A, Doitsu dan Koromo. Lalu untuk Kelas D yakni Asagi, Bekko, Shusui, Hikari Utsuri serta Hi/Ki Utsuri. Kelas E untuk Kawarimono B, Hikari Mujimono dan Kinginrin C. 

Dan untuk ukuran yang akan dikonteskan ada sekitar 13 segmen, mulai dari mendekati 10 sentimeter hingga terbesar 65 sentimeter, sedangkan untuk penjurian, kontes ini menghadirkan 15 orang juri dari berbagai daerah. Salah satunya adalah juri dari Shinkokai Jepang. 

Reporter : atn
Editor : shn