Plt Bupati Bekasi Tanggul Kritis di Bangun Permanen di Cabangbungin Usulan Camat Dan Para Kepala Desa bisa Terakomodir dan Terealisasikan di Tahun 2023.


CABANGBUNGIN, HELOBEKASI.COM - Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, memastikan sektor sarana prasarana perbaikan tanggul kritis di 5 titik di Cabangbungin akan direalisasikan secara permanen pada tahun 2023. Hal ini dikatakannya pada saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan di Kabupaten Bekasi, bertempat di Kantor Desa Setiajaya, Kamis (3/2).

Plt. Bupati Bekasi mengatakan, upaya perbaikan tanggul juga merupakan kerjasama antar Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

“Bersama BBWS, Bappenas, Kemendagri sudah mengupayakan perbaikan tanggul, kami juga melakukan rapat kecil mengenai anggarannya. Kemudian, kami pun memiliki dokumentasi aktual foto-foto tanggul kritis tersebut,” ujarnya.

Dirinya berharap, usulan yang menjadi prioritas Kecamatan Cabangbungin dan para Kepala Desa bisa terakomodir dengan baik dan terealisasikan di tahun 2023. 

“Saya berharap semua usulannya bisa terakomodir dengan baik, dan terealisasi di tahun 2023.” jelasnya.


Sementara itu, Camat Cabangbungin, Asep Buhori mengatakan bahwa perbaikan tanggul akan dilakukan di lima titik, yakni Desa Jayalaksana, Desa Setialaksana, Desa Lenggahjaya, Desa Setiajaya, dan Desa Lenggahsari.

“Di sektor sarana pra sarana yang menjadi utama ada di 5 titik, kami berharap semuanya bisa teralisasikan, karena di tahun 2022 realisasi yang diberikan di Kecamatan Cabangbungin sangat minim sekali, kami memahami karena adanya pandemi,” jelasnya.

Asep juga mengatakan prioritas lainnya yakni peningkatan kelas tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin yang semula tipe D menjadi tipe C, kemudian pembinaan para kader posyandu di delapan desa se-Kecamatan Cabangbungin. Selain itu rehab Puskesmas Pembantu Jayalaksana dan Jayabakti, dan di sektor pendidikan akan dilakukan perbaikan gedung sekolah SMPN 1 Cabangbungin dan SMPN Sukajaya 03, serta perbaikan jalan Kabupaten Kp. Pulo Tapis hingga Kp. Pulo Glatik sepanjang 3 kilometer. 

“Prioritas lainnya ialah peningkatan tipe RSUD. pembinaan kader posyandu, pusdu, perbaikan gedung sekolah dan perbaikan jalan Kabupaten. Kiranya Pak Bupati dapat membantu usulan prioritas kami.” katanya.

Reporter: RSM
Editor : FIU