PVMBG Tegaskan Sudah Berikan Imbauan Soal Aktivitas Semeru Sejak Desember Lalu

  


JAKARTA,TVBERITANEWS.COM 
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Andiani memastikan memastikan telah memberikan imbauan tentang aktivitas terkini Gunung Semeru. Pasalnya, BPMBG melakukan pemantauan terhadap Gunung Semeru selama 24 Jam.

“Sebetulnya kegiatan Gunung Semeru kami melakukan pemantauan selama 24 jam dalam satu hari, dan setiap 6 jam hasil pemantauan dilaporkan kepada kami,” Andiani dalam konferensi pers yang kanal YouTube KementerianESDM, Minggu (12/5/2021).

Andiani menyatakan pada tanggal 1 Desember 2021 telah melakukan pemberitaan di grup WhatsApp yang terdiri dari pengamat gunung, kawanan daerah dan sejumlah pemangku kepentingan. Hal ini mengenai aktivitas Gunung Semeru.

“Bahkan ditanggal 2 Desember pun di WA (WhatsApp) group sudah diimbau agar berhati-hati,” jelasnya.

Sementara itu, pada tanggal 3 Desember 2021 peringatan dini juga dipastikannya telah dilakukan melalui platform kepunyaan BPMBG. Selain itu juga dilakukan melalui website BPMBG dan grup WhatsApp.

“Pemberian informasi peringatan dini juga kami lakukan melalui aplikasi Magma Indonesia yang merupakan aplikasi kebencanaan yang dimiliki oleh Badan Geologi, kemudian situs web BPMBG dan yang tadi saya jelaskan, grup whatsapp 'SEMERU LEVEL II' dan grup WA 'Gunung Api Semeru' dengan anggota Mustika, Pemda, relawan, penambah, tokoh masyarakat dan BPBD,” pungkasnya.***