Kalahkan Malaysia 4-1, Indonesia Melaju sebagai Juara Grup B

 


HELOBEKASI.COM - Timnas Indonesia unggul 4-1 atas Malaysia dalam fase grup Piala AFF 2021 yang berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Kedua tim tampil agresif pada menit-menit awal dengan menampilkan serangan dari sayap. Sepak pojok menjadi hasil yang diraih dari serangan gencar tersebut.

Serangan Malaysia lah yang berbuah gol pada menit ke-12. Upaya Irfan Jaya membuang bola justru membuat si kulit bulat jatuh di kaki Kogileswaran Raj. Kogi kemudian melepas tembakan jarak jauh. Bola meluncur ke sisi kiri gawang tanpa bisa dihentikan Nadeo Argawinata.

Skor menjadi 1-1. pada menit ke-36. Sebuah serangan Indonesia dituntaskan Irfan Jaya. Irfan mendapat umpan dari Witan yang berlari dari sisi kanan luar menyambut umpan terobosan dari koridor tengah.

Dua menit jelang waktu normal babak pertama usai, Indonesia berbalik unggul 2-1. Kali ini dengan kaki kanan, Irfan mencatatkan nama di papan skor untuk kali kedua.

Pada babak kedua Timnas Garuda tampil laebih percaya diri dengan keunggulan satu gol. Serangan-serangan mengalir lebih terukur dan banyak mengancam gawang Malaysia.

Hanya butuh lima menit, pada menit ke-50 pasukan Garuda kembali menambah satu gol melalui Pratama Arhan.

Elkan Baggot memastikan kemenangan Timnas Indonesia melalui golnya di menit ke-82, dan kedudukan berakhir 4-1 untuk keunggulan pasukan Garuda.

Dengan hasil kemenangan ini Timnas Indonesia berhak melaju ke babak semi fina dengan predikat Juara Grup  B, dengan koleksi 10 poin dari hasil 4 kali bertanding.

Maju mendampingi Indonesia adalah Timnas Vietnam yang pada laga bersamaan mengalahkan Laos dengan skor 4-0.

Vietnam sebetulnya sama mengoleksi 10 poin dan selisih gol 9 seperti diperoleh Indonesia, namun Tim Garuda lebih produktif dalam memasukkan gol, yaitu sebanyak 13, sementara Vietnam 9.  ***


Klasemen Akhir Grup B Piala AFF 2020