78 Event Besar Siap Menanti Traveler di Bandung Tahun Depan

  


BANDUNG,TVBERITANEWS.COM
 - Ada 78 acara besar yang menanti traveler tahun 2022 mendatang di Kota Bandung, Jawa Barat. Dari 78 acara itu, ada 10 acara yang terbilang istimewa. Apa saja?

78 event ini masuk dalam Bandung Calendar of Event 2022 yang dilaunching langsung oleh Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Kadisbudpar Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari di Hotel El-Royale, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

"Ada 78 event dan ada 10 or top ten, ini sudah dikurasi. Online dan offline penyelenggaranya, mengikuti situasi dan kondisi," kata Kadisbudpar Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari usai launching.


10 event istimewa yang akan diselenggarakan pada tahun 2022 mendatang, salah satunya kegiatan Bandung Kota Angklung.

"Bandung Kota Angklung, kesiapan ini ada, sejak tahun lu, kita bikin kajian bekerjasama dengan akademisi, karena gini, angklung ini harus dilestarikan dan ini bukan hanya milik Kota Bandung tapi Indonesia secara nasional tapi kaki berinisiatif, Bandung sudah ada ekosistem angklungnya mulai dari perajian, prodi di ISBI dan juga para pelaku juga senimannya ada di Kota Bandung," ungkap Kenny.

"Kami percaya diri deklarasikan angklung ini potensi besar di Kota Bandung, Bandung Kota Angklung," tambahnya.

Kenny menyebut, Bandung Calendar of Event 2022 ini acaranya bakal lebih berkualitas dengan inovasi seluruh masyarakat Kota Bandung.

"Temanya inovasi dan smart, bisa menciptakan inovasi, sekarang kita lebih ke kualitas, rata-rata sebulan dua event, ada bedanya tahun lalu banyak yang dipending dan enggak jadi, karena ada PSBB dan PPKM," tuturnya.

Kenny menargetkan, dengan serangkaian kegiatan ini bisa mendatang banyak wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

"Kita berharap minimal, namanya juga baru pemula parawista kita Bandung bergerak kembali, bangkit kembali, mungkin targetnya tidak seperti sebelum pandemi karena kita masih ada pembatasan secara sosial dan mobilitas. Target di RPJMD 3 jutaan, yang biasanya 8 jutaan, wisatawan total, wisman dan wisnus," jelasnya.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna berharap, 78 acara ini bisa berjalan dengan lancar.
Ya harapannya, apa yang kita rencanakan Allah memberikan kemudahan dan mengungkapkannya bahwa yang namanya Bandung Calender of Event ini nanti bisa terealisasi seiring dengan peningkatan peningkatan berbagai hal termasuk juga yang utama adalah mengenai pandemi COVID-19 sehingga tadi ada masalah walaupun sebelumnya muncul masalah ada istilahnya top ten but bukan berarti yang lain itu tidak terselenggarakan tetapi yang 10 ini saya pikir memiliki daya tarik yang mudah-mudahan ini kunjungan wisatawan di Kota Bandung akan semakin meningkat," tuturnya Ema. Tak hanya digelar oleh Disbudpar saja, Ema menyebut semua pihak dibanding salah satunya ASITA dan Angkasapura.


"Nah kalau itu terjadi maka multiplier efeknya akan sangat luar biasa ya tinggal bagaimana nanti rekan-rekan terutama Disbudpar dibantu dengan ASITA dibantu dengan Angkasapura ini bahu-membahu bersinergi untuk bisa menjual atau mendengar ini secara lebih luas sehingga masyarakat di luar Kota Bandung itu tahu bukan hanya di level Jawa Barat tapi juga level nasional," jelasnya.

Tak hanya skala regional dan nasional saja, Ema berharap event yang mampu menimbulkan perhatian dunia.

Kita juga berada di level dunia karena menurut saya ada hal-hal yang sangat menarik contoh misalnya ada festival kuliner biasanya terutama Bandung terkenal dengan itu biasanya orang menarik makanya tadi saya katakan kalau makanan di Bandung itu enak-enak dan enak sekali apalagi nanti ada festival tentunya akan menghadirkan menu-menu baru ada kekhasan rasa-rasa baru dan ini akan memperkuat brand kita sebagai kota kuliner," pungkasnya.

Berikut Daftar 10 Event Istimewa Tahun 2022 di Kota Bandung :
1. Bandung Kota Angklung 2022,
2. Keukeun Bandung Festival Kuliner 2022
3. Bandung Independent Film Fest
4. Bandung Run 2022
5. Bandung Photography Month
6. International Photography Short Move Festival
7. Festival Film Ganesha
8. Hari Tari Sedunia
9. Absolute Drumfest
10. Kontes Musik Dunia "Sora III" Perjalanan Hidup